BAB I
PENDAHULUAN
A.
JUDUL PROGRAM
Adapun judul program
yang kami piih adalah Usaha Kolak Durian
“KORAN WI-FI” di Jl. Williem Iskandar daerah MMTC.
B.
LATAR BELAKANG MASALAH
Begitu juga setiap
daerah yang memiliki cirri khasnya masing masing. Kota Medan, kota yang salah satu daerah yang terkenal
dengan cirri khas wisata kulinernya juga memberikan satu peluang usaha bagi
masyarakat yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah Durian yang terkenal dari
Kota Medan.
Untuk itu, dalam
proposal ini kami menawarkan alternative wirausaha kuliner yang menjanjikan
dengan memaksimalkan keunikan dari kota
Medan yaitu
buah durian dengan mengolahnya menjadi Kolak durian. Berawal dari menyadari
keunikan tersebut, maka kami mahasiswa pengusul berinisiatif menjalankan
program Kreatfitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK) yaitu “Usaha Kolak durian
“KORAN WI-FI”.
C.
PERUMUSAN MASALAH
Adapun pokok permasalahan
yang terjadi di lapangan antara lain sebagai berikut :
1.
Peralatan/perlengkapan
usaha yang kurang mendukung (tradisional).
2.
Kurangnya dana yang
dimiliki.
D.
TUJUAN PROGRAM
Maksud dari pengajuan
konsep proposal PKMK sebagai berikut :
1.
Sebagai wahana menuju pemanfaatan dan
pengembangan ilmu pengetahuan
2.
Mengisi kegiatan mahasiswa dengan sebuah
kegiatan positif.
3.
Mengembangkan
potensi mahasiswa dan masyarakat di bidang penguasaan bisnis berkarya dan
berwirausaha.
4.
Memberikan
motivasi dan masukan kepada pihak terkait lebih memperhatikan perkembangan
UKMK.
5.
Memberikan
bekal pada mahasiswa untuk berwirausaha.
E.
MANFAAT YANG DIHARAPKAN
Manfaat yang diharapkan
dari program ini adalah:
1.
Dapat
menciptakan peluang kerja sendiri.
2.
Berkurangnya tingkat pemikiran menjadi
karyawan saja.
3.
Usaha yang dijalankan menjadi sumber
pendapatan.
4.
Dapat
menyediakan kebutuhan makanan siap saji bagi masyarakat.
F.
KEGUNAAN
Kegunaan dari program
ini adalah menciptakan produk kuliner yang dapat diperhitungkan dimasyarakat
serta menjadi salah satu media promosi kebudayaan Indonesia ,khususnya daerah Medan . Diharapkan
nantinya bisa dijadikan sebagai peluang usaha, demi kemajuan dan pembangunan
nasional.
BAB II
STRATEGI USAHA
Berikut
ini kami akan menguraikan seuk beluk usaha kolak durian dengan berbagai aspek
pendukung dan kendalanya.
A.
PENGENALAN PRODUK
1.
Bahan dan Cara Pembuatan
Kolak durian terbuat dari campuran bahan yang
disatukan dengan biji dari buah durian dalam penyajiannya. Adapun campuran bahan bahan tersebut adalah seperti pulut
ketam, santan, gula merah, jagung,pisang, dan air. Selain bahan bahan tersebut,
ada juga variasi dari bahan bahan lain untuk memberikan keanekaragaman minuman
dingin lainnya, seperti es teller durian yang terbuat dari berbagai campuran
bahan seperti lengkong, cendol, buah melon, syrup dan santan yang disajikan
dengan durian juga.
Proses pembuatannya
sangatlah mudah, yaitu dengan mengolah masing masing bahan yang
dibutuhkan,seperti memasak santan, mencairkan gula aren, dan menyiapkan bahan
bahan yang diperlukan.
2.
Cara Penyajian
Es kolak durian disajikan di dalam
mangkok dengan komposisi :
a)
Masukkan biji dan daging buah durian.
b)
Masukkan es batu yang telah di serut.
c)
Masukkan
segala bahan yang disiapkan seperti pisang, pulut, jagung.
d)
Terakhir di siram dengan santan lalu
dituang dengan sesendok gula merah yang telah dicairkan.
e)
Es kolak durian siap disajikan.
B.
GAMBARAN USAHA
1.
Produk
Yang menjadi daya tarik dari Es kolak
durian adalah terletak dari kualitas biji durian dan perpaduan rasanya yang
unik.Hal tersebut yang menjadi daya tarik konsumen. Untuk itu sangat penting
jika memperhatikan proses pengolahan bahan bahan sebelum disajikan, seperti
tingkat kematangan kelapa untuk dijadikan santan, proses pengolahan santan
sehingga pada saat dimasak tidak menggumpal agar rasa khas santan dapat keluar,
dan hingga proses pencairan gula aren yang dicairkan di atas tungku bara api
supaya rasa manis aslinya dapat dibedakan dari gula pasir.
Jenis minuman
lain yang kemungkinan dapat dijual bersama dalam gerai es kolak durian adalah
seperti es koteng durian, es teller durian, es sum sum durian, dan sup buah
sebagai pelengkap.
2.
Tempat Usaha
Usaha es kolak durian biasanya tidak
memiliki tempat yang permanen. Dengan menggunakan gerobak es kolak durian akan
lebih baik dalam proses merangkul seluruh konsumen, dan juga dalam pengepakan
kios ketika setelah selesai berjualan. Segalanya akan lebih efisien jika
berbentuk gerobak.
Namun ada baiknya juga es kolak durian
dinikmati konsumen dengan tempat yang nyaman.Untuk itu, untuk tidak mengurangi
cirri khas kolak durian tersebut, maka usaha ini sebaiknya dibentuk tetap
dengan gerobak, namun juga menyewa kios kecil sebagai tempat untuk konsumen
dalam menikmati kolan durian.
3.
Perlengkapan Usaha dan Karyawan
Perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjalankan
usaha ini adalah Gerobak, peralatan penyediaan (toples kaca, sendok besar,
wadah santan/gentong, termos/tempat es batu), peralatan makan
(mangkok,sendok),dan generator untuk menyediakan penerangan.
Karyawan yang dibutuhkan adalah orang
orang yang tidak hanya ahli dalam pengolahan bahan campuran,namun juga ramah
dan mampu bekerja keras dalam membangun usaha ini.
4.
Promosi
Promosi awal dilakukan dengan cara
membawa gerobak mengelilingi kompleks perumahan, melalui jejaring social,
ataupun dengan menyebarkan brosur di sekitar tempat usaha. Salah satu bentuk
promosi yang terbaik yang bias dilakukan adalah disamping menikmati es kolak
durian, konsumen juga dimanjakan dengan sarana Wi-Fi yang mendukung konsumen
tetap aktif dalam jejaring social.
5.
Penetapan Harga
Harga satu porsi es kolak durian dipatok
dengna kisaran Rp. 7.000,- per porsinya. Adapun harga ini harus memperhitungkan
daya beli masyarakat sekitar daerah penjualan sehingga mampu menjangkau semua
lapisan.
Dengan target penjualan adalah mahasiswa,
maka dengan harga yang ditetapkan konsumen telah diberi berbagai fasilitas
seperti tempat yang nyaman,dan sarana kkoneksi internet gratis.
6.
Resiko dan Trik Untuk Mengatasi
Usaha jenis apapun tidak akan terlepas
dari persaingan, termasuk usaha kolak durian ini. Seperti di jalanan Dr. Mansur
depan USU, telah berjejer para penjual es kolak durian. Untuk itu, pelayanan
yang baik harus sangat dibutuhkan terhadap konsumen agar memberikan
kenyamanan.Begitu juga dengan servis koneksi internet gratis, dengan begitu
maka diharapkan keungulan tersebut mampu membawa kemenangan dalam persaingan
terhadap penjual penjual es kolak durian lainnya.
BAB III
METODE OPERASIONAL
USAHA
A.
ANALISIS
USAHA ES KOLAK DURIAN
Beberapa Asumsi yang
digunakan adalah sebagai berikut :
1.
Gerobak
dorong sebagai sarana utama.
2.
Masa pakai peralatan selama 3 tahun
3.
Masa
pakai meja kursi selama 5 tahun
4.
Masa pakai billboard selama 3 tahun
5.
Dalam usaha ini, pengolahan dilakukan
sebelum penjajakan barang
B.
RANCANGAN ANGGARAN
a.
BIAYA INVESTASI
1 Unit Gerobak Es Rp 1.000.000,-
Peralatan
makanan (mangkok,termos,gelas,dll) Rp 500.000,-
Meja
dan Kursi Rp 600.000,-
Renovasi
Tempat RP 500.000,-
Router Wi-Fi Rp. 1.000.000,-
Total Investasi Rp.
3.900.000,-
b.
BIAYA OPERASIONAL PER BULAN
i.
BIAYA TETAP
Penyusutan Gerobak Es 1/120 x Rp. 5.000.000,- Rp 42.000,-
Penyusutan
peralatan Makan 1/36 x Rp. 1.000.000,- Rp 27.800,-
Penyusutan
meja dan kursi 1/60 x Rp. 3.000.000,- Rp 50.000,-
Penyusutan
billboard 1/36 x Rp. 500.000,- Rp 13.800,-
Penyusutan
generator 1/36 x Rp. 3.000.000,- Rp 83.300,-
Gaji
Karyawan (Rp. 500.000 x 3 orang) Rp.
1.500.000,-
Total Rp
1.716.900,-
ii.
BIAYA VARIABEL
Santan
3 liter x Rp. 12.000/ltr x 30 hari Rp 1.080.000,-.
Gula merah 3 kg x
Rp. 15.000/kg x 30 hari Rp 1.080.000,-
Campuran
(lengkong,cendol,kolangkaling,durian,pisang,)
Listrik
Rp. 150.000,-
Kebersihan
dan keamanan Rp. 100.000,-
TOTAL Rp.
2.410.000,-
TOTAL BIAYA OPERASIONAL PER BULAN Rp.
8.026.900,-
C.
PENDAPATAN PER BULAN
Penjualan es kolak durian (50 porsi x Rp. 5.000,- x 30
hari) Rp. 7.500.000,-
Penjualan jenis Es tambahan (30 porsi x Rp. 4.000,- x 30
hari) Rp. 3.600.000,-
TOTAL
PENDAPATAN Rp. 11.100.000,-
D.
KEUNTUNGAN
PER BULAN
KEUNTUNGAN =
(Total Pendapatan) - (Total Biaya Operasional)
=
(Rp. 11.100.000,-) - (Rp. 8.026.900,-)
= Rp. 3.073.100,-
E.
PENGEMBALIAN MODAL
Pengembalian Modal = (Total Biaya Investasi :
Keuntungan) x 1 bulan
=(Rp.
3.900.000,- : Rp. 3.073.100,-) x
1 bulan
= 1,2BULAN
F.
RENCANA KERJA DAN PENJADWALAN
WAKTU
|
KEGIATAN
|
BULAN I
|
·
Pembagian tugas dengan tim
·
Mencari karyawan untuk
menjalankan usaha
·
Mengurus ijin usaha dengan pihak
terkait
|
BULAN II
|
·
Pembenahan/ renovasi tempat
·
Penataan tata letak ruang
(meja,kursi,letak gerobak)
·
Melengkapi peralatan usaha
(termos, toples dll)
·
Pemasangan Billboard
|
BULAN III
|
·
Promosi atau perkenalan usaha
“KORAN Wi-Fi” kepada masyarakat, khususnya mahasiswa
·
Pembukaan usaha
·
Menjalankan usaha
|
BULAN IV
|
·
Melakukan perluasan penjualan
·
Kegiatan penjualan semakin kosentrasi terhapad kualitas dan pelayanan
·
Pembagian peran dan pembagian waktu tugas mengawas oleh para pemilik
usaha
·
Tim membantu kegiatan usaha dengan mengkondisikan waktu terhadap kegiatan
perkuliahan
·
Usaha dibuka setiap hari Senin s/d Sabtu dengan waktu operasi pukul 11.00
WIB s/d 20.00 WIB
·
Setiap akhir bulan dilakukan pencatatan pembukuan usaha, menghitung
pengeluaran dan keuntungan yang diterima serta pembagian keuntungan untuk
para anggota tim dan pengalokasian dana untuk usaha.
|
G.
BIODATA
KETUA DAN ANGGOTA KELOMPOK PELAKSANA
1.
Ketua Pelaksana Kegiatan
a.
Nama Lengkap : Candra Wibawa
b.
NIM :
709210012
c.
Fakultas/Jurusan : Ekonomi / Manajemen
d.
Perguruan Tinggi : Universitas Negeri Medan
e.
Alamat
Rumah/no. HP : Jl. Perkutut 8
No. 124/085763359798
2.
Anggota Pelaksana
i.
Anggota 1
a.
Nama Lengkap : Aidil Ashadi
b.
NIM :
709210004
c.
Fakultas/Program Studi : Ekonomi / Manajemen
d.
Perguruan Tinggi : Universitas Negeri Medan
e.
Alamat
rumah/No. HP : Jl. Hokkian No.
9/08529741513
f.
Alamat
email :
rockstaraidil.2@gmail.com
ii.
Anggota 2
a.
Nama
Lengkap : Johannes Terangta Tarigan
b.
NIM : 709210038
c.
Fakultas/Program
Studi : Ekonomi/Manajemen
d.
Perguruan
Tinggi : Universitas Negeri Medan
e. Alamat rumah/No. HP :
JL. Setiabudi No. 108/-
3.
Dosen Pembimbing
a.
Nama
Lengkap
dan Gelar : Sulaiman Lubis,
SE, MM.
b.
NIP : 196911062003121001
c.
Fakultas/Jurusan : Ekonomi/Manajemen
d.
Alamat
rumah/No. HP : Jl. Tegal
Sari Dusun 9 Desa Lau Dendang
Perumahan Reipendopo 2 No. 9 Deli Serdang/
081375752078
Ijin copas yah terima kasih banyak aku buat tugas SMA ku
BalasHapus