Kamis, 03 Mei 2012

contoh proposal bisnis


BAB I
PENDAHULUAN

A.   JUDUL PROGRAM
Adapun judul program yang kami piih adalah Usaha Kolak Durian “KORAN WI-FI” di Jl. Williem Iskandar daerah MMTC.

B.    LATAR BELAKANG MASALAH
Indonesia memiliki beraneka ragam budaya yang unik dan menarik di setiap daerahnya. Keindahan dan keunikan kebudayaan ini juga menarik minat negara lain untuk mengakuinya dan akhirnya menjadi isu internasional yang mengusik eksistensi kebudayaan Indonesia. Sebagai warga negara dan generasi muda Indonesia, sudah seharusnya mulai dari sekarang menjaga dan melestarikan kebudayaan-kebudayaan yang ada.
Begitu juga setiap daerah yang memiliki cirri khasnya masing masing. Kota Medan, kota yang salah satu daerah yang terkenal dengan cirri khas wisata kulinernya juga memberikan satu peluang usaha bagi masyarakat yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah Durian yang terkenal dari Kota Medan.
Untuk itu, dalam proposal ini kami menawarkan alternative wirausaha kuliner yang menjanjikan dengan memaksimalkan keunikan dari kota Medan yaitu buah durian dengan mengolahnya menjadi Kolak durian. Berawal dari menyadari keunikan tersebut, maka kami mahasiswa pengusul berinisiatif menjalankan program Kreatfitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK) yaitu “Usaha Kolak durian “KORAN WI-FI”.

C.   PERUMUSAN MASALAH
Adapun pokok permasalahan yang terjadi di lapangan antara lain sebagai berikut :
1.      Peralatan/perlengkapan usaha yang kurang mendukung (tradisional).
2.       Kurangnya dana yang dimiliki.

D.   TUJUAN PROGRAM
Maksud dari pengajuan konsep proposal PKMK sebagai berikut :
1.      Sebagai wahana menuju pemanfaatan dan pengembangan ilmu pengetahuan
2.      Mengisi kegiatan mahasiswa dengan sebuah kegiatan positif.
3.      Mengembangkan potensi mahasiswa dan masyarakat di bidang penguasaan bisnis berkarya dan berwirausaha.
4.      Memberikan motivasi dan masukan kepada pihak terkait lebih memperhatikan perkembangan UKMK.
5.      Memberikan bekal pada mahasiswa untuk berwirausaha.

E.    MANFAAT  YANG DIHARAPKAN
Manfaat yang diharapkan dari program ini adalah:
1.      Dapat menciptakan peluang kerja sendiri.
2.      Berkurangnya tingkat pemikiran menjadi karyawan saja.
3.      Usaha yang dijalankan menjadi sumber pendapatan.
4.      Dapat menyediakan kebutuhan makanan siap saji bagi masyarakat.

F.    KEGUNAAN
Kegunaan dari program ini adalah menciptakan produk kuliner yang dapat diperhitungkan dimasyarakat serta menjadi salah satu media promosi kebudayaan Indonesia,khususnya daerah Medan. Diharapkan nantinya bisa dijadikan sebagai peluang usaha, demi kemajuan dan pembangunan nasional.



BAB II
STRATEGI USAHA

Berikut ini kami akan menguraikan seuk beluk usaha kolak durian dengan berbagai aspek pendukung dan kendalanya.

A.           PENGENALAN PRODUK
1.      Bahan dan Cara Pembuatan
Kolak durian terbuat dari campuran bahan yang disatukan dengan biji dari buah durian dalam penyajiannya. Adapun campuran bahan bahan tersebut adalah seperti pulut ketam, santan, gula merah, jagung,pisang, dan air. Selain bahan bahan tersebut, ada juga variasi dari bahan bahan lain untuk memberikan keanekaragaman minuman dingin lainnya, seperti es teller durian yang terbuat dari berbagai campuran bahan seperti lengkong, cendol, buah melon, syrup dan santan yang disajikan dengan durian juga. 
Proses pembuatannya sangatlah mudah, yaitu dengan mengolah masing masing bahan yang dibutuhkan,seperti memasak santan, mencairkan gula aren, dan menyiapkan bahan bahan yang diperlukan.

2.      Cara Penyajian
Es kolak durian disajikan di dalam mangkok dengan komposisi :
a)                     Masukkan biji dan daging buah durian.
b)    Masukkan es batu yang telah di serut.
c)      Masukkan segala bahan yang disiapkan seperti pisang, pulut, jagung.
d)   Terakhir di siram dengan santan lalu dituang dengan sesendok gula merah yang telah dicairkan.
e)      Es kolak durian siap disajikan.

B.           GAMBARAN USAHA
1.      Produk
Yang menjadi daya tarik dari Es kolak durian adalah terletak dari kualitas biji durian dan perpaduan rasanya yang unik.Hal tersebut yang menjadi daya tarik konsumen. Untuk itu sangat penting jika memperhatikan proses pengolahan bahan bahan sebelum disajikan, seperti tingkat kematangan kelapa untuk dijadikan santan, proses pengolahan santan sehingga pada saat dimasak tidak menggumpal agar rasa khas santan dapat keluar, dan hingga proses pencairan gula aren yang dicairkan di atas tungku bara api supaya rasa manis aslinya dapat dibedakan dari gula pasir.
Jenis minuman lain yang kemungkinan dapat dijual bersama dalam gerai es kolak durian adalah seperti es koteng durian, es teller durian, es sum sum durian, dan sup buah sebagai pelengkap.

2.      Tempat Usaha
Usaha es kolak durian biasanya tidak memiliki tempat yang permanen. Dengan menggunakan gerobak es kolak durian akan lebih baik dalam proses merangkul seluruh konsumen, dan juga dalam pengepakan kios ketika setelah selesai berjualan. Segalanya akan lebih efisien jika berbentuk gerobak.
Namun ada baiknya juga es kolak durian dinikmati konsumen dengan tempat yang nyaman.Untuk itu, untuk tidak mengurangi cirri khas kolak durian tersebut, maka usaha ini sebaiknya dibentuk tetap dengan gerobak, namun juga menyewa kios kecil sebagai tempat untuk konsumen dalam menikmati kolan durian.

3.      Perlengkapan Usaha dan Karyawan
Perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini adalah Gerobak, peralatan penyediaan (toples kaca, sendok besar, wadah santan/gentong, termos/tempat es batu), peralatan makan (mangkok,sendok),dan generator untuk menyediakan penerangan.
Karyawan yang dibutuhkan adalah orang orang yang tidak hanya ahli dalam pengolahan bahan campuran,namun juga ramah dan mampu bekerja keras dalam membangun usaha ini.

4.      Promosi
Promosi awal dilakukan dengan cara membawa gerobak mengelilingi kompleks perumahan, melalui jejaring social, ataupun dengan menyebarkan brosur di sekitar tempat usaha. Salah satu bentuk promosi yang terbaik yang bias dilakukan adalah disamping menikmati es kolak durian, konsumen juga dimanjakan dengan sarana Wi-Fi yang mendukung konsumen tetap aktif dalam jejaring social.

5.      Penetapan Harga
Harga satu porsi es kolak durian dipatok dengna kisaran Rp. 7.000,- per porsinya. Adapun harga ini harus memperhitungkan daya beli masyarakat sekitar daerah penjualan sehingga mampu menjangkau semua lapisan.
Dengan target penjualan adalah mahasiswa, maka dengan harga yang ditetapkan konsumen telah diberi berbagai fasilitas seperti tempat yang nyaman,dan sarana kkoneksi internet gratis.

6.      Resiko dan Trik Untuk Mengatasi
Usaha jenis apapun tidak akan terlepas dari persaingan, termasuk usaha kolak durian ini. Seperti di jalanan Dr. Mansur depan USU, telah berjejer para penjual es kolak durian. Untuk itu, pelayanan yang baik harus sangat dibutuhkan terhadap konsumen agar memberikan kenyamanan.Begitu juga dengan servis koneksi internet gratis, dengan begitu maka diharapkan keungulan tersebut mampu membawa kemenangan dalam persaingan terhadap penjual penjual es kolak durian lainnya.



















BAB III
METODE OPERASIONAL USAHA

A.    ANALISIS USAHA ES KOLAK DURIAN
Beberapa Asumsi yang digunakan adalah sebagai berikut :
1.      Gerobak dorong sebagai sarana utama.
2.      Masa pakai peralatan selama 3 tahun
3.      Masa pakai meja kursi selama 5 tahun
4.      Masa pakai billboard selama 3 tahun
5.      Dalam usaha ini, pengolahan dilakukan sebelum penjajakan barang

B.     RANCANGAN ANGGARAN

a.      BIAYA INVESTASI
1 Unit Gerobak Es                                                                  Rp 1.000.000,-
Peralatan makanan (mangkok,termos,gelas,dll)                      Rp    500.000,-
Meja dan Kursi                                                                       Rp    600.000,-
Renovasi Tempat                                                                    RP    500.000,-
Router Wi-Fi                                                                           Rp.  1.000.000,-
Total Investasi                                                                       Rp. 3.900.000,-

b.      BIAYA OPERASIONAL PER BULAN
                          i.            BIAYA TETAP
Penyusutan Gerobak Es 1/120 x Rp. 5.000.000,-                   Rp      42.000,-
Penyusutan peralatan Makan 1/36 x Rp. 1.000.000,-             Rp      27.800,-
Penyusutan meja dan kursi 1/60 x Rp. 3.000.000,-                Rp      50.000,-
Penyusutan billboard 1/36 x Rp. 500.000,-                            Rp      13.800,-
Penyusutan generator 1/36 x Rp. 3.000.000,-                         Rp       83.300,-
Gaji Karyawan (Rp. 500.000 x 3 orang)                                 Rp. 1.500.000,-
Total                                                                                       Rp 1.716.900,-




                        ii.            BIAYA VARIABEL  
Santan 3 liter x Rp. 12.000/ltr x 30 hari                                  Rp   1.080.000,-.
Gula merah 3 kg x Rp. 15.000/kg x 30 hari                            Rp   1.080.000,-
Campuran (lengkong,cendol,kolangkaling,durian,pisang,)
Listrik                                                                                      Rp.     150.000,-
Kebersihan dan keamanan                                                      Rp.     100.000,-
TOTAL                                                                                  Rp. 2.410.000,-
TOTAL BIAYA OPERASIONAL PER BULAN                        Rp. 8.026.900,-

C.                PENDAPATAN PER BULAN

Penjualan es kolak durian (50 porsi x Rp. 5.000,- x 30 hari)              Rp.   7.500.000,-
Penjualan jenis Es tambahan (30 porsi x Rp. 4.000,- x 30 hari)          Rp.   3.600.000,-
TOTAL PENDAPATAN                                                                Rp. 11.100.000,-

D.                KEUNTUNGAN PER BULAN
KEUNTUNGAN      =  (Total Pendapatan) - (Total Biaya Operasional)
(Rp. 11.100.000,-)  - (Rp. 8.026.900,-)
= Rp. 3.073.100,-


E.                 PENGEMBALIAN MODAL
Pengembalian Modal            = (Total Biaya Investasi : Keuntungan) x 1 bulan
                                          =(Rp. 3.900.000,-  :  Rp. 3.073.100,-)       x 1 bulan
                                          = 1,2BULAN
                             
F.                 RENCANA KERJA DAN PENJADWALAN

WAKTU
KEGIATAN
BULAN I
·         Pembagian tugas dengan tim
·         Mencari karyawan untuk menjalankan usaha
·         Mengurus ijin usaha dengan pihak terkait

BULAN II
·         Pembenahan/ renovasi tempat
·         Penataan tata letak ruang (meja,kursi,letak gerobak)
·         Melengkapi peralatan usaha (termos, toples dll)
·         Pemasangan Billboard
BULAN III
·         Promosi atau perkenalan usaha “KORAN Wi-Fi” kepada masyarakat, khususnya mahasiswa
·         Pembukaan usaha
·         Menjalankan usaha
BULAN IV
·         Melakukan perluasan penjualan
·         Kegiatan penjualan semakin kosentrasi terhapad kualitas dan pelayanan
·         Pembagian peran dan pembagian waktu tugas mengawas oleh para pemilik usaha
·         Tim membantu kegiatan usaha dengan mengkondisikan waktu terhadap kegiatan perkuliahan
·         Usaha dibuka setiap hari Senin s/d Sabtu dengan waktu operasi pukul 11.00 WIB s/d 20.00 WIB
·         Setiap akhir bulan dilakukan pencatatan pembukuan usaha, menghitung pengeluaran dan keuntungan yang diterima serta pembagian keuntungan untuk para anggota tim dan pengalokasian dana untuk usaha.





G.                BIODATA KETUA DAN ANGGOTA KELOMPOK PELAKSANA
1.      Ketua Pelaksana Kegiatan
a.       Nama Lengkap                        : Candra Wibawa
b.      NIM                                        : 709210012
c.       Fakultas/Jurusan                      : Ekonomi / Manajemen
d.      Perguruan Tinggi                     : Universitas Negeri Medan
e.       Alamat Rumah/no. HP            : Jl. Perkutut 8 No. 124/085763359798
f.       Alamat email                           : wiechandra@yahoo.com

2.      Anggota Pelaksana
                                i.            Anggota 1
a.       Nama Lengkap                        : Aidil Ashadi
b.      NIM                                        : 709210004
c.       Fakultas/Program Studi          : Ekonomi / Manajemen
d.      Perguruan Tinggi                     : Universitas Negeri Medan
e.       Alamat rumah/No. HP            : Jl. Hokkian No. 9/08529741513
f.       Alamat email                           : rockstaraidil.2@gmail.com

                              ii.            Anggota 2
a.       Nama Lengkap                       : Johannes Terangta Tarigan
b.      NIM                                       : 709210038
c.       Fakultas/Program Studi          : Ekonomi/Manajemen
d.      Perguruan Tinggi                    : Universitas Negeri Medan
e.       Alamat rumah/No. HP           : JL. Setiabudi No. 108/-
f.       Alamat email                          : girang_jo@yahoo.com

3.      Dosen Pembimbing
a.       Nama Lengkap dan Gelar             : Sulaiman Lubis, SE, MM.
b.      NIP                                               : 196911062003121001
c.       Fakultas/Jurusan                            : Ekonomi/Manajemen
d.      Alamat rumah/No. HP                  : Jl. Tegal Sari Dusun 9 Desa Lau Dendang
                                                              Perumahan Reipendopo 2 No. 9 Deli Serdang/ 081375752078

1 komentar: